Lomba Ngeliwet dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022

Minggu, 06 November 2022 || 16:26 WIB
Dibaca 69 Kali


Wakil Ketua DPRD Kab. Lumajang ( H. Bukasan, S. Pd. MM) bersama Bupati Lumajang, (H. Thoriqul Haq, S.Ag, MML), Wakapolres Lumajang, (Kompol Andi Febriyanto Ali, S.E.), Ka. Kankemenag Kab. Lumajang (H. Muhammad Muslim, S. Ag, M. Sy ) , Sekda Kab. Lumajang, ( Drs. Agus Triyono, M.Si ), Ketua Baznas, (H. Atok Hasan Sanusi), beserta Gawagis (Putra Kyai) pondok pesantren yang ada di Kabupaten Lumajang mengikuti Lomba Ngeliwet dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar lomba masak nasi liwet yang bertempat di Depan Kantor Bupati Lumajang, Sabtu, (5/11) malam.

Pada kesempatan ini Wakil Ketua DPRD ( H. Bukasan )bersama Wakapolres Lumajang , ( Kompol Andi Febriyanto Ali ), menjadi rekan satu tim dalam memasak nasi liwet, dan Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Musfarinah Thoriq dan Istri Ka. Kankemenag, Ny. Ririn Muslim, didaulat menjadi Juri Lomba Ngeliwet.

Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq menunjukan kepiawaiannya dalam memasak, begitu juga dengan H. Muslim rekan dalam satu timnya. Keduanya memasak menu sambal terong bakar, tempe penyet, telur dadar, dan beberapa menu lain andalan khas santri.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Thoriq menyampaikan, menanak nasi liwet sudah menjadi kebiasaan santri saat menuntut ilmu di pondok pesantren. Karena itu, lomba ngeliwet tersebut tidak menjadi hambatan bagi bupati, karena dulu saat berada di pondok ngeliwet sudah menjadi hal yang biasa dilakukan.

"Kegiatan ini digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Santri Tahun 2022. Tahun depan ini harus kita persiapkan lebih matang lagi, sehingga tahun depan lomba ngeliwet bisa kita selenggarakan lebih meriah lagi," ujar Cak Thoriq.

Selaku juri lomba, Wakil Bupati Lumajang mengapresiasi para peserta lomba ngeliwet yang diikuti oleh Forkopimda dan
Gawagis (Putra Kyai) pondok pesantren yang ada di Kabupaten Lumajang.

"Meskipun peserta memasak masih ada yang belum rata bumbunya, ada yang sedap dan masih ada yang kurang sedap, tetapi semua masakan masih terasa enak," ungkap Bunda Indah.

Terlihat dalam ajang perlombaan tersebut bahan yang dibuat untuk ngeliwet sudah di sediakan, seperti beras beserta lauk pauknya. Bahkan, semua keperluan atau perlengkapan yang digunakan peserta untuk menanak nasi liwet sudah disediakan.

Lumajang . Sabtu, 5 November 2022

Foto(setwan_lmjg/ridlo)