Pelantikan dan pengambilan sumpah /janji anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Lumajang tahun 2022

Kamis, 27 Oktober 2022 || 16:27 WIB
Dibaca 130 Kali


Wakil Ketua DPRD Kab. Lumajang (H.Bukasan, S. Pd, MM) bersama Bupati Lumajang ( H. Thoriqul Haq, S.Ag, MML ) menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah /janji anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Lumajang tahun 2022, di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang, Kamis (27/10).

Dalam arahannya, Bupati Lumajang menyampaikan, selamat terhadap anggota Panwascam yang baru saja dilantik, sekaligus memberi pesan agar segera melakukan koordinasi dengan Forkopimca di wilayah masing-masing.

Ditambahkan, sukses tidaknya pemilihan umum juga tergantung pada anggota Panwascam yang ada. Dengan begitu, tahapannya harus sesuai dengan mekanisme di Bawaslu dengan mengkoordinasikan terkait kebutuhan administrasi maupun perangkat lainnya.

"Saya harap anggota Panwascam harus mengkoordinasikan mekanisme di Bawaslu terkait sistem yang akan dilakukan harus sesuai, setelah itu segera melaksanakan koordinasi dengan Camat, Kapolsek dan Danramil di wilayah masing-masing," ungkapnya.

Selanjutnya, Bupati memberikan saran kepada seluruh anggota Panwascam untuk menjaga kekuatan fisik dan kesehatan yang harus diukur mulai saat ini supaya nantinya dapat beradaptasi dengan baik. Mengingat pemilu tahun lalu terkait perhitungan atau proses tahapan pemilu, ketika hari pemungutan suara hingga perhitungan suara membutuhkan waktu panjang.

Sementara itu, Ketua Badan Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang, H. Amin Shobari melaporkan, anggota Panwascam yang dilantik saat ini sebanyak 63 orang, yang nantinya ditempatkan masing-masing kecamatan 3 orang.

"Jaga netralitas, jangan sampai masyarakat menganggap kita tidak netral. Tugas utama kita adalah pencegahan, awasi dan baru ditindak, sekarang ini yang lagi tren adalah money politik, isu hoax, kritik identitas, dan lain-lain. Lakukan sosialisasi sebaik-baiknya kepada masyarakat, agar itu semua tidak terjadi,"

Foto(Setwan_lmjg/Ridlo)