Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam rangka Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam Di Wilayah Kabupaten Lumajang Tahun 2022

Kamis, 27 Oktober 2022 || 16:21 WIB
Dibaca 68 Kali


Wakil Ketua DPRD (H. bukasan, S. Pd. MM ) bersama Bupati Lumajang beserta Jajaran Forkopimda Lumajang DAN KEPALA OPD TERKAIT DILINGKUNGAN PEMKAB LUMAJANG menghadiri Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam rangka Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam Di Wilayah Kabupaten Lumajang Tahun 2022, bertintak sebagai Pimpinan upacara ( H. Thoriqul Haq, S.Ag, MML ) Bupati Lumajang didampingi oleh ( Letkol Czi Gunawan Indra Y.T., S.T., M.M. ) Dandim 0821 Lumajang dan ( AKBP Dewa Putu Eka D. S.I.K., M.H. ) Kapolres Lumajang, yang diselenggarakan di Alun-Alun Kabupaten Lumajang.
Dalam amanatnya, Bupati Lumajang menyampaikan, Kabupaten Lumajang merupakan wilayah yang mempunyai potensi kebencanaan, hal itu sudah disampaikan di banyak tempat oleh beberapa pihak. Salah satunya diungkapkan oleh BMKG terkait potensi tsunami yang memungkinkan terjadi di wilayah pesisir selatan, salah satunya adalah Kabupaten Lumajang.
"Kita punya gunung berapi dan pegunungan yang berpotensi bencana tanah longsor, banjir lahar dingin, maupun sungai yang berpotensi banjir. Kita telah menjadi bagian daerah yang mempunyai potensi kebencanaan," ujarnya.
Keadaan kedaruratan bencana yang beberapa kali di alami, tentu menjadi evaluasi bagi jajaran forkopimda terkait dengan kesiapsiagaan pasukan. Untuk itu, Bupati meminta kepada seluruh personil agar bersikap lebih waspada terhadap kemungkinan munculnya bencana alam.
Selain itu, Bupati juga mengungkapkan terkait keterbatasan peralatan yang dimiliki oleh Kabupaten Lumajang. Maka, perlu adanya koordinasi baik lintas kelembagaan maupun konsolidasi dengan pemerintah provinsi ataupun BNPB.
"Kita akan melakukan evaluasi terhadap peralatan yang kita miliki. Tidak ada daerah yang siap bencana, tetapi kesiapsiagaan itu yang menjadi cara pandang kita sebagai pelayan masyarakat, salah satunya melayani masyarakat saat terjadi bencana," imbuhnya.
Akhir amanat, Bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada TNI-POLRI yang punya kesiapsiagaan secara personalia dengan membantu pemerintah dalam penanganan bencana.
Senada dengan hal itu, Kapolres Lumajang dan Dandim 0821 Lumajang berpesan kepada seluruh personil untuk terus meningkatkan kemampuan dengan segala keterbatasan yang dimiliki dalam kesiapan bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi.
Untuk itu, kedepannya semua personil baik TNI-POLRI harus bisa membuat peralatan seadanya untuk dijadikan sistem peringatan dini atau early warning system dalam kebencanaan di berbagai titik yang ada di Kabupaten Lumajang.
"Teruslah berlatih tidak boleh berdiam diri, karena dengan berlatih segala sesuatu yang mungkin datang kita bisa siap," pungkasnya.
Acara tersebut dilakukan yang mana bertujuan untuk mengecek perlengkepan kesiap siaga'an anggota dalam penanganan bencana yang sering terjadi akhir-akhir ini , semoga dengan adanya kegiatan seperti ini bisa membangun dan saling mensolidkan jajaran tanggap bencana yang berada di wilayah kabupaten Lumajang.
#apelgelarpasukan #gelarpasukan
Foto (Setwan-Lmj/Ridlo)


Berita Lainnya

Lomba Lari 5 Km Tingkat Pelajar Se-Kabupaten Lumajang Tahun 2022

29 Oktober 2022
Wakil Ketua DPRD Lumajang (H. Akhmat, ST ) bersam ...

KUNJUNGAN KERJA KOMISI D DPRD KABUPATEN LUMAJANG KE DPRD KABUPATEN MOJOKERTO

12 Agustus 2020
Mengawali kegiatan di Bulan Agustus 2020, Komisi D ...

Rapat Koordinasi Pengawasan (RAKORWAS) Pemerintah Kabupaten Lumajang Tahun 2022

30 November 2022
Wakil Ketua DPRD ( H. Bukasan, S. Pd, MM ) bersama ...

KUNJUNGAN KERJA KOMISI A DPRD KAB. LUMAJANG KE DISPENDUKCAPIL KOTA SEMARANG, JAWA TENGAH

16 Agustus 2020
Setelah sehari sebelumnya ke Gedung DPRD Kota Sema ...